5 Museum Sains dan Sejarah Terbaik di Jerman yang Wajib Anda Kunjungi
Museum di Jerman (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Jerman dikenal sebagai negara yang kaya dengan sejarah, budaya dan perkembangan industri teknologinya yang terus berinovasi. Banyak sekali museum di Jerman yang akan menambah wawasan pengunjung tentang ilmu sejarah dan sains.

Anda bisa mendapatkan informasi penting terkait sejarah perang dunia hingga berbagai pengetahuan menarik di bidang seni dan teknologi.

Berlokasi di kota-kota besar dengan bangunan museum yang besar dan megah, inilah lima museum terbaik yang wajib Anda kunjungi saat berwisata di negara Jerman.

Museum Deutsches

Museum deutsches dibangun di atas lahan seluas 60.000 meter persegi yang memiliki gaya arsitektur bangunan khas Eropa. Dilansir Expatica, museum ini menyimpan berbagai koleksi yang berhubungan dengan sains dan teknologi. Selain itu, terdapat benda-benda bersejarah yang berasal dari zaman batu seperti kapak batu hingga jam matahari di dalamnya.

Anda akan menemukan banyak hal-hal interaktif di sini, di antaranya persentasi perjalanan ke luar angkasa dan pengetahuan mengenai pesawat terbang.

Bagi anak-anak, disediakan ruangan khusus yang berisi berbagai alat-alat menarik untuk menarik minat mereka terhadap ilmu sains. Setiap tahunnya, museum Deutsches didatangi lebih dari 1.5 juta pengunjung.

Museum Island

Museum yang terletak di Kota Berlin ini merupakan tempat yang wajib untuk dikunjungi bagi Anda yang menaruh minat pada ilmu seni dan sejarah. Museum Island terdiri dari lima bangunan museum yang berbeda di antaranya, Alte Nationalgalerie yang memajang 1800 lukisan serta 1500 patung dari seniman terkenal, kemudian Altes yang menyimpan koleksi benda bersejarah dari zaman Yunani kuno.

Bagi Anda yang tertarik dengan arkeologi, dapat mengunjungi The Pergamon Museum (Pergamonmuseum) yang memperlihatkan rekonstruksi monumen dari zaman romawi kuno.

Museum Island telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Anda dikenakan biaya sebesar 16 Euro atau setara Rp250 ribu untuk masuk ke dalam museum ini.

Museum Topography of Terror

Museum Topography of Terror menyajikan informasi dan gambaran tentang kegiatan  mengerikan yang terjadi selama perang dunia kedua. Bangunan dari museum ini dibangun di markas tua dari Gustapo. Anda dapat melihat ruang bawah tanah yang pernah dijadikan sebagai tempat penyiksaan serta mengeksekusi tahanan politik.

Selain itu, banyak juga dipajang foto-foto, dokumen hingga surat kabar selama masa perang dunia. Topography of Terror termasuk museum yang paling banyak dikunjungi di negara Jerman dengan pengunjung lebih dari 1 juta setiap tahunnya.

Museum Mercedes Benz

Bagi para pecinta automotif, museum Mercedes Benz adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Dilansir Gisma, tempat ini merupakan satu-satunya museum di dunia yang menyimpan dokumentasi perjalanan sejarah dunia automotif selama kurun 125 tahun secara lengkap.

Museum yang terletak di wilayah Stuttgart ini memamerkan ratusan model kendaraan lama dan modern mulai dari mobil balap hingga mobil klasik. Untuk harga tiket masuk, para pengunjung dikenakan biaya sebesar 10 Euro atau setara dengan Rp180 ribu.

Museum Sprengel

Dibuka untuk umum pada tahun 1979, sejarah museum ini berawal dari pemberian hadiah berupa koleksi karya seni milik Dr Bernhard Sprengel kepada kota Hannover.

Setelah itu, berdirilah museum Sprangel yang sebagian besar menampung koleksi seni modern dengan berbagai aliran seperti expressionism, conceptual art, post-minimalism dan masih banyak lagi. Anda akan menemukan ruangan khusus yang berisi karya-karya dari seniman terkenal di antaranya Pablo Picasso, Max Ernst, Emil Nolde dan Paul Klee.

Demikianlah 5 museum di Jerman yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Anda tentunya akan mendapatkan banyak wawasan baru dari tempat ini. Tertarik datang?

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!