Rekomendasi Menu takjil Khas Betawi untuk Buka Puasa
Menu takjil Khas Betawi untuk Buka Puasa, Bubur Jali. (Foto- Cookpad)

Bagikan:

Jakarta – Indonesia adalah negara yang kaya akan sajian kuliner. Di bukan Ramadhan ini tentu berbagai menu unik akan menarik disajikan terutama untuk menemani buka puasa.

Betawi adalah salah satu suku yang memiliki menu takjil yang melezatkan, namun sayangnya beberapa makanan di bawah ini kini sudah mulai sulit ditemukan. Apa saja?

1.     Bubur Jali

Bubur jali merupakan kuliner yang kini sudah sangat langka. Hal tersebut lantaran keberadaan pohon jali yang kian sedikit.

Pembuatan bubur jali jaga cukup rumit. Pertama biji jali dikupas lalu dijemur kemudian baru diolah. Untuk menemukan biji jali di Jakarta Anda dapat berburu di  Pasar Senen, Pasar Tangsel, atau Pasar Glodok.

2.     Kue Talam

Kue Talam adalah kuliner turun menurut masyarakat Betawi yang berbahan dasar tepung terigu, tepung beras (atau tepung tapioka), gula merah, santan, garam, dan daun pandan.

Yang menarik dari kue talam dalah bentuknya yang terdiri dari lapisan-lapisan dengan warna yang berbeda sehingga membuat tampilannya menarik.

3.     Srikaya Betawi

Srikaya khas Betawa berbeda dari selai srikaya lainnya. Srikaya Betawi adalah campuran kental yang menyerupai kue, namun memiliki tekstur yang agak encer yang terdiri dari telur, gula, dan santan yang dikukus.

Selain rekomendasi menu takjil khas Betawi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!