Kim Il Sung Ulang Tahun, Kim Jong Un Berikan Penghormatan di Makam
Kim Jong Un, Pemimpin Korut (Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Pada Kamis, 15 April, Kim Jong Un datang ke makam kakeknya, Kim Il Sung, untunk memberikan penghormatan. Pemimpin Korea Utara (Korut) itu datang ke makam untuk memberikan penghormatan pada hari ulang tahun sang kakek yang merupakan pendiri negara tersebut.

Berdasarkan laporan media resmi Korut, KCNA, Kim Jong Un dan istrinya, Ri Sol Ju, juga sempat menonton pertunjukan tari dan lagu di Istana Matahari Kumsusan, tempat ayah dan kakeknya dibaringkan.

"Ketika pertunjukan selesai, penonton kembali bersorak-sorai untuk Sekretaris Jenderal (Kim Jong Un)," lapor KCNA, seperti dilansir Reuters, Jumat, 16 April.

Khawatir Covid-19, Korea Utara tak ikuti Olimpiade Tokyo

Kim Jong Un tidak hadir dalam perayaan tahun lalu. Hal tersebut mengundang pertanyaan dan memunculkan spekulasi mengenai kesehatannya. Tak sedikit laporan mengenai kesehatannya yang muncul, tetapi belum dikonfirmasi.

KCNA melaporkan, tahun ini Kim Jong Un datang ke istana bersama pejabat-pejabat senior Korea Utara serta saudara perempuannya, Kim Yo Jong.

Sementara, awal April ini, Korut telah mengatakan bahwa mereka tidak akan mengikuti Olimpiade Tokyo dengan alasan khawatir terhadap penularan COVID-19. Pemerintah Korut mengungkapkan bahwa negara tersebut tidak punya kasus corona.

Ketidakhadiran Korut dalam Olimpiade Tokyo tahun ini disayangkan oleh Korea Selatan (Korsel). Ajang tersebut sedianya dapat menjadi katalisator untuk menghidupkan kembali perundingan damai antara dua negara tersebut.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!