Alasan Kemendag Kerjasama dengan Google di Indonesia Timur
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Foto-ANTARA)

Bagikan:

Jakarta – Perusahaan raksasa Google telah bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dalam rangka pengadaan program 'Dukung UMKM Indonesia Timur'.

Tujuan program kolaborasi Kemendag dengan pihak swasta tersebut salah satunya adalah untuk mendorong pemerataan ekonomi digital, terutama di wilayah timur Indonesia.

Program Dukung UMKM Indonesia Timur tersebut mendapatkan apresiasi dari Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Ia berpendapat jika program tersebut akan melatih dan membina secara intensif para pelaku UMKM di Indonesia Timur.

Diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan bisnis mereka sehingga mampu merambah pasar ekspor.

"Dengan dukungan Kementerian Perdagangan dalam program ini, saya berharap UMKM di manapun berada dan khususnya di Indonesia Timur tidak akan lagi menemui kendala dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya serta dapat segera ikut pulih dari pandemi ini," terang Menteri Lutfi dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, Selasa 20 April.

Program Kemendag dan Google Dilakukan Selama 3 Bulan

Sementara itu, Kepala Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam menjelaskan jika program tersebut dilaksanakan secara intensif selama tiga bulan ke depan dan dibuka untuk dua kelompok UMKM.

Kelompok UMKM pertama adalah kelompok umum yang berfokus pada fashion, retail, dan jasa serta kelompok ekspor yang berfokus untuk menuju ke pasar global.

"Google bersama Kementerian Perdagangan RI berkolaborasi untuk mengadakan program 'Dukung UMKM Indonesia Timur' dengan menggandeng mitra perbankan serta mitra pelatihan lainnya untuk melatih para pejuang UMKM agar mampu bangkit kembali dan mendorong tumbuhnya perekonomian nasional," jelas Putri.

Program UMKM pertama akan membina 1.000 peserta UMKM secara gratis dengan metode daring, guna mempermudah peserta dalam mengikuti setiap kelasnya.

Program tersebut bersifat intensif dan berkelanjutan, dengan kata lain ara peserta akan mengikuti kegiatan inkubasi yang diikuti dengan mentoring dan 'tracking' untuk memastikan bahwa UMKM memiliki rekan diskusi membahas tantangan yang dihadapi serta mampu menerapkan keahlian yang diperoleh.

Google dan Kemendag untuk menjalankan program berkolaborasi dengan berbagai mitra di antaranya Bank Nobu, Bank BNI, Kios Bank, Kumpul, dan Bedo.

Selain Kerjasama Kemendag dengan Google, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!