Kemenhub dan Australia Saling Bertemu Bahas Pencemaran Laut dan Tingkatkan Kerja sama Maritim
Kemenhub dan Australia Saling Bertemu Bahas Pencemaran Laut dan Tingkatkan Kerja sama Maritim (news.kkp.go.id)

Bagikan:

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pertemuan dengan Australian Maritime Safety Authority (AMSA). Pertemuan yang dilakukan secara virtual itu dilakukan untuk tingkatkan kerja sama regional terutama kerja sama maritim.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad, menjelaskan bahwa pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas agenda Marine Environment Coordination and Planning Meeting (MECPM). Dalam pertemuan tersebut secara khusus membahas pencegahan dan penanganan pencemaran lingkungan maritim.

“Pertemuan ini adalah Rapat Koordinasi dan Perencanaan Lingkungan Laut Indonesia-Australia,” jelas Ahmad lewat pernyataan persnya, dilansir dari Antara, Jumat, 23 April.

Kerja Sama Maritim Indonesia dan Australia Terkait Penanganan Pencemaran Minyak

Ia menjelaskan, pertemuan tersebut jadi tindak lanjut dari "Memorandum of Understanding on Transboundary Marine Pollution Preparedness and Response" yang ditandatangani kedua belah pihak pada Oktober 2018 silam di Bali.

“Australia dan Indonesia memiliki kerja sama yang cukup banyak memperhatikan kesiapsiagaan dan penanganan pencemaran laut lintas batas,” jelasnya.

Pertemuan tersebut juga jadi ajang bertukar informasi secara rutin terkait pengalaman dalam kemampuan, kesiapsiagaan, tanggung jawab, dan prosedur tanggap darurat atas kejadian pencemaran, khususnya tumpahan minyak di laut.

Indonesia juga telah setuju dengan adanya upaya kolaborasi dan persiapan terkoordinasi dan menetapkan protokol komunikasi dan langkah lain untuk memfasilitasi kerja sama penanggulangan pencemaran bersama jika suatu saat terjadi pencemaran laut.

“Indonesia sangat mendukung pembangunan dalam hal ini dan kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut. Sebagai negara tetangga, Indonesia menantikan lebih banyak latihan antara Indonesia dan Australia. Saya percaya bahwa kami selalu menjaga semangat mempromosikan keselamatan navigasi dan melindungi lingkungan laut dari tumpahan minyak,” sebutnya.

Selain terkait kerja sama maritim yang dilakukan Australia dan Indonesia, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.