China Tuding Indonesia Sumbang Kasus COVID-19 ke Negaranya
Sejumlah warga negara asing dari Timur Tengah memasuki ruang observasi sentra vaksinasi sementara di kawasan Chaoyang Park, Beijing. (Foto- Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Pada Selasa 27 April 2021, China mendapatkan kasus COVID-19 yang merupakan impor dari beberapa negara di Asia di antaranya India, Turki, Jepang, dan Indonesia.

Diketahui, India menyumbang dua kasus COVID-19 impor ke China, sedangkan tiga negara lainnya masing-masing satu kasus, demikian berdasakan data otoritas kesehatan China, Kamis 29 April.

Pakar kesehatan asal China menjelaskan jika gelombang besar kasus COVID-19 di India belum berdampak nyata terhadap negaranya.

Menurutnya, China memiliki mekanisme tersendiri yang lebih efektif dalam mencegah kasus impor COVID-19, salah satunya adalah melalui kebijakan perbatasan yang sangat ketat.

Hong Kong Mendapatkan 2 Kasus Impor dari India

Pada Selasa, 27 April, Hong Kong juga mendapatkan kasus impor COVID-19 dari India. Kasus tersebut terjadi pada seorang anak berusia sembilan tahun dan seorang perempuan berusia 34 tahun.

Keduanya orang yang masuk Hong Kong tersebut merupakan warga negara India yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala.

Sementara itu, dalam penerbangan tanggal 22 April dari New Delhi, India, diketahui mengangkut 188 penumpang. Berdasarkan hasil tes PCR, 53 penumpang dalam pesawat tersebut positif COVID-19.

Meskipun demikian, hingga sejauh ini tidak ada informasi lebih lanjut mengenai jumlah penumpang yang terdampak kasus tersebut.

Selain kasus COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!