UI Terima 1.676 Mahasiswa Baru Melalui Jalur UTBK SBMPTN 2022
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) menerima 1.676 mahasiswa baru untuk 64 program studi S1 reguler atau sekitar 30 persen dari total daya tampung melalui penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK–SBMPTN) 2022 yang dimulai serentak di seluruh Indonesia pada Selasa 17 Mei.

Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI), Dr. Gunawan dalam keterangannya di Depok, Jawa Barat, Selasa, mengatakan pelaksanaan UTBK - SBMPTN hari ini berjalan dengan kondusif dan lancar. Para peserta mayoritas telah mengikuti ketentuan yang dipublikasikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) maupun Pusat UTBK UI.

Dikutip Antara, Gunawan mengimbau peserta UTBK SBMPTN UI 2022, terutama peserta hari ke-2 dan seterusnya untuk selalu mematuhi ketentuan agar proses ujian berjalan lancar. Pelaksanaan UTBK gelombang pertama ini diikuti 2.636 peserta.

"Harapan kami, kegiatan UTBK UI 2022 ini bisa berjalan lancar, kondusif dan tetap menjaga protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir," kata Dr. Gunawan yang juga merupakan dosen Fakultas Teknik UI.

UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN yang ditetapkan LTMPT. Di Indonesia, sebanyak 74 perguruan tinggi negeri (PTN) telah menggunakan format ujian berbasis komputer sehingga memudahkan LTMPT dalam mengolah hasil ujian.

Tahun 2022 ini, jumlah peminat SBMPTN UI mencapai 42.440 orang dengan Pendidikan Dokter sebagai program studi yang memiliki pendaftar terbanyak. Sementara itu, tercatat 35 peserta difabel yang terdiri atas 12 disabillitas tunanetra dan 23 peserta tunadaksa yang memilih pusat UTBK di UI.

Untuk peserta disabilitas tunadaksa, ujian dilaksanakan di Fasilkom Gedung Lama, sedangkan bagi peserta disabilitas tunanetra, ujian dijadwalkan pada sesi khusus, yaitu Kamis, 19 Mei 2022, sesi ke-5 (pagi) di Lab. 1105 Fasilkom Gedung Lama. Peserta disabillitas didampingi oleh petugas dan dicek kelengkapan ujiannya oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sebagai Pusat UTBK, UI menyiapkan 63 ruang ujian dari 29 lokasi ujian dengan fasilitas 1.309 komputer utama dan 193 komputer cadangan yang tersebar di UI Depok dan UI Salemba Jakarta.

Di UI Depok, UTBK dilaksanakan di 21 titik lokasi yang tersebar di Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), serta lokasi lain di beberapa fakultas. Adapun di UI Salemba, UTBK dilaksanakan di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sekolah Ilmu Lingkungan, serta Sekolah Kajian Stratejik dan Global.