Bule AS di Bali Marah Membentak Kasat Lantas Saat Ditilang, Menuduh Polisi Hanya Butuh Uang
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

GIANYAR - Pria warga negara Amerika Serikat (AS) marah-marah membentak Kasat Lantas Polres Gianyar, Bali, AKP Muhammad Bhayangkara Putra Setaji. Bule yang mengendarai motor dengan telanjang dada ini tak terima ditilang karena tak memakai helm.

Bule ini membentak polisi dan menuduh polisi hanya membutuhkan uangnya. Kejadian ini viral di media sosial.

Kasat Lantas Polres Gianyar menerangkan kejadian itu terjadi pada Rabu, 15 Maret. Saat itu kepolisian menggelar razia di Jalan Raya Ubud depan Puri Agung.

"Iya benar, saat kejadian melakukan penertiban di wilayah hukum di daerah Ubud, dan gabungan dengan Ditlantas Polda Bali," kata AKP Bhayangkara, Kamis, 16 Maret.

Bule ini diketahui bernama Brayen. Kebetulan saat itu, AKP Bhayangkara yang langsung menyetop bule tanpa helm ini.

"Iya benar itu saya (yang dibentak bule),” kata dia.

Saat disetop, bule ini marah-marah. AKP Bhayangkara dituduh membutuhkan uang.

"Kalau waktu kejadian memang ada yang terucap di videonya itu, si bule itu menyebutkan kita ini maunya uangnya doang. Intinya ada bahasa seperti itu, sempat juga bahasa yang keluar dia menyebutkan kita ini kriminal," ujarnya.

"Saya berdebat juga mau ngapain, karena masyarakat juga menyaksikan dan banyak melihat siapa yang salah. Kita hanya menegakkan aturan, ibaratnya melanggar, iya kita tindak," paparnya

Motor bule ini pun ditahan lantaran si pengendara tak bisa menunjukkan dokumen kepemilikan juga SIM.

"Kita tugas namanya dikomplain kita tetap sabar. Kalau kami dari polisi lalu lintas, tugas kami menertibkan pelanggaran ada di jalan raya, untuk masalah dia melawan petugas kita  dikomplain masyarakat pada saat penilangan itu sudah biasa. Untuk masalah tindak lanjut sudah kita laporkan ke Polda Bali, untuk masalah koordinasi dengan imigrasi Polda Bali yang punya (kewenangan)," ujarnya.