Menpora Rapat Bersama Satgas COVID-19; Kaji Serius Perizinan Hadirnya Penonton saat Liga Bergulir
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (Foto dari Antara)

Bagikan:

Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ), yang hadir, akan mengkaji serius penontonnya di stadion saat bergulir Liga 1 dan 2 Indonesia. Hal itu ia ungkapkan melalui pers yang berani mengikuti di Jakarta, Jumat, 16 April.

"Kami tidak mau melakukan kajian dengan asal-asalan," tuturnya.

Menpora mengungkapkan kebijakan mengenai perizinan penonton akan dikaji secara serius. Hal itu dilakukan agar keputusannya nanti tidak menjadi justru menjadi bumerang di kala pandemi COVID-19 yang masih rawan, tegasnya.

Oleh sebab itu, politiku partai Golkar melakukan pembahasan dengan banyak pihak lintas sektor. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dan Polri dilibatkan dalam pendalaman tersebut. Pembahasan itu juga dilakukan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo.

Presiden Meminta Menpora Kaji Serius Perizinan Penonton

"Presiden memerintahkan saya untuk berkoordinasi dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta kepolisian dan Satgas COVID-19," ujar Zainudin.

Presiden Joko Widodo menghimbau Zainudin Amali selaku Menpora untuk mendalami secara serius kemungkinan hadirnya penonton dalam menyaksikan pertandingan Liga 1 dan Liga 2 di stadion.

Stadion Disiapkan untuk Menampung 20-30 Persen Kapasitas Penonton

Penyelenggaraan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021 sendiri belum dapat dipastikan lantaran belum keluarnya izin keramaian dari Polri. LIB dan PSSI masih akan mengajukan permohonan izin tersebut kepada pihak kepolisian pada pertengahan April 2021.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menyampaikan stadion untuk memenuhi penonton sejumlah sekitar 20-30 persen dari kapasitas maksimal stadion.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .