Berita Duka: Tokoh NU sekaligus Penulis Buku <i>Atlas Wali Songo</i>, Agus Sunyoto, Meninggal Dunia
Agus Sunyoto (kiri) bersama Said Aqil Siroj (nu.or.id)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Lembaga Seniman dan Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU, KH Agus Sunyoto, meninggal pada Selasa, 27 April. Agus mengembuskan napas terakhir setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Ramelan, Surabaya, Jawa Timur.

“Iya, benar. Mohon doanya,” ungkap Fathul H. Panatapraja, Sekretaris Lesbumi NU Kota Malang, ketika dikonfirmasi mengenai kabar duka tersebut, Selasa, 27 April, dikutip dari Antara.

Agus Sunyoto aktif di dunia kepenulisan

Fathul menjelaskan, ia mendapatkan informasi tersebut sekitar pukul 07.30 WIB. Agus Sunyoto adalah salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang lahir di Surabaya, 21 Agustus 1959. Ia meninggal pada usia 61 tahun.

Almarhum juga menjadi pengasuh Pesantren Global Tarbiyatul Arifin, Malang. Agus dikenal sebagai seorang budayawan yang produktif di bidang kepenulisan. Salah satu buku yang sangat dikenal adalah Atlas Wali Songo, yaitu buku yang mengisahkan penyebaran agama Islam di Nusantara.

Karya lain Agus Sunyoto adalah Resolusi Jihad; Banser Berjihad Melawan PKI; Sunan Ampel: Taktik, dan Strategi Dakwah Islam di Jawa; dan Suluk Abdul Jalil: Perjalanan Ruhani Syeh Siti Jenar.

Almarhum akan dimakamkan di dekat makam orang tuanya, di Makam Tembok, Gundih, Surabaya, Jawa Timur.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!