Jangan Panik, Inilah 3 Perubahan Menstruasi Setelah Melahirkan yang Umum Dialami Wanita
Ilustrasi wanita menahan nyeri haid (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah menjalani proses persalinan, Ada banyak perubahan yang dialami oleh wanita. Salah satunya adalah menstruasi. Perubahan menstruasi setelah melahirkan merupakan hal wajar, mengingat wanita tidak mengalami haid selama mengandung 9 bulan.

Dikutip dari Ai-Care, Rabu, 17 Mei 2023, setelah melahirkan, wanita akan menjalani masa nifas selama kurang lebih 40 hari untuk membersihkan rahim dari darah dan sisa-sisa jaringan ekstra yang terbentuk selama masa kehamilan.

Pada masa nifas, tubuh wanita akan mengalami masa perubahan dan adaptasi dari masa kehamilan dan melahirkan hingga kembali ke masa sebelum hamil.

Ketika masa nifas sudah berakhir, umumnya wanita tidak segera mengalami menstruasi. Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk salah satunya proses menyusui si kecil.

Apabila ibu menyusui si buah hati secara langsung, menstruasi atau haid kemungkinan akan datang sekitar 5-6 bulan setelah melahirkan. Akan tetapi, jika ibu tidak menyusui, menstruasi pertama setelah melahirkan bisa datang dalam kurun waktu 3-10 pekan setelah persalinan.

Nah, setelah mengalami menstruasi pertama setelah melahirkan, sebagian besar wanita mengalami perubahan menstruasi. Lantas, apa saja perubahan haid setelah melahirkan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Perubahan Menstruasi Setelah Melahirkan

Perlu diketahui, perubahan menstruasi setelah melahirkan adalah normal. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon.

Masih dari Ai-Care, berikut perubahan menstruasi yang dialami wanita setelah melahirkan:

  1. Siklus menstruasi menjadi tidak teratur

Salah satu perubahan menstruasi setelah melahirkan adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini normal, karena berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi setelah kehamilan. Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan atau lebih agar siklus menstruasi kembali normal.

  1. Darah haid keluar lebih banyak

Selain siklus menstruasi menjadi tidak teratur, pada beberapa wanita menstruasi setelah melahirkan umumnya menjadi lebih berat. Aliran darah menjadi lebih deras dan nyeri yang dirasakan juga lebih berat. Perubahan ini disebabkan oleh kontraksi

  1. Masa haid menjadi lebih singkat

Tidak semua wanita mengalami menstruasi menjadi lebih berat atau tidak teratur. Beberapa wanita justru mengalami masa haid yang lebih pendek dan nyeri menstruasi yang lebih ringan. Perubahan ini dapat berlangsung selama beberapa bulan lalu kembali normal seperti sebelum hamil atau bersifat permanen.

Demikian informasi tentang perubahan menstruasi setelah melahirkan. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.