Menurut Dermatolog, Begini 7 Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Ilustrasi cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bibir kering dan pecah-pecah bisa dialami pada setiap musim, termasuk pada musim kemarau maupun musim penghujan. Beberapa faktor menyebabkan bibir tidak cantik, diantaranya karena pola makan yang buruk, kurang minum, hingga kebiasaan yang membuat bibir kering seperti seringnya menjilat bibir.

Rachel Nazarian, MD., dokter kulit bersertifikat berbasis di New York City mengatakan, bibir adalah area wajah yang sangat sensitif. Bibir dianggap sebagai daerah berselaput mukosa yang tingkat kelembapannya berbeda dibandingkan area wajah lainnya. Baiknya, bibir juga menyerap bahan topikal lebih efektif dibandingkan kulit lainnya tetapi juga mudah sekali kehilangan banyak air. Ini karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga akan mongering 10 kali lebih cepat dibandingkan kulit wajah atau kulit tubuh lainnya. Untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah, Anda bisa melakukan cara berikut ini.

1. Hindari memakai produk bibir yang mengandung alkohol dan pewangi

Sama seperti kulit yang lainnya, bibir mungkin akan bereaksi dengan kandungan alkohol dan pewango pada produk topikal. Banyak bahan yang dapat ditoleransi dan berefek lebih sedikit mengeringkan. Misalnya retinol, bahan ini sering menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah meskipun diaplikasikan pada kulit sekitar bibir.

cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah
Ilustrasi cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah (Freepik)

2. Pakai produk pelindung bibir

Nazarian mengatakan, kondisi cuaca yang panas dan berangin kencang, bisa mengeringkan dan buruk untuk bibir. Pada situasi seperti ini, lindungi bibir Anda seperti menggunakan pelindung yang bersifat oklusif.

3. Berhenti menjilati bibir

Anda mungkin menjilati bibir saat terasa kering. Namun, air liur di bibir justru membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. Faktanya, enzim dalam air liur dapat mengiritasi bibir. Jelas Nazarian, ini masalah umum bagi setiap orang yang sering menjilati bibir sehingga menyebabkan bibir iritasi dan jaringannya rusak.

4. Gunakan produk pelembap bibir yang tepat

Seringkali bibir terlewat untuk dirawat. Kalau pada pagi dan malam Anda merawat kulit, jangan sampai melewatkan perawatan bibir juga. Cukup menambahkan lip balm yang melembapkan setiap pagi dan malam dapat membuat perbedaan besar pada bibir Anda. Dokter Nazarian merekomendasikan untuk mencari bahan-bahan dari shea butter, ceramide, petroleum jelly, dan minyak mineral.

cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah
Ilustrasi cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah (Freepik/rawpixel.com)

5. Usahakan bernapas melalui hidung

Pernapasan melalui mulut juga sumber iritasi pada bibir. Biasanya ketika orang mengalami hidung tersumbat, mereka akan bernapas melalui mulut. Karena dengan bernapas melalui mulut uap air liur akan berpindah ke bibir sehingga menyebabkan bibir kering. Jadi, sebisa mungkin bernapas melalui hidung untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

6. Pakai produk bibir dengan SPF setiap hari

Terbakar sinar matahari bukan hal baik, maka memakai pelindung dan pelembap mengandung SPF bisa mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Anda bisa memakai lip balm yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi bibir dari sengatan sinar UV yang membuatnya kering dan pecah-pecah.

7. Minum memakai sedotan

Kebiasaan tertentu bisa membatu Anda mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Yaitu dengan minum memakai sedotan. Minum memakai sedotan, menruut Nazarian dilansir Byrdie, Senin, 30 Oktober, semakin bibir sering bersentuhan dengan minuman dingin atau panas maka semakin banyak lapisan pelindung bibir yang hilang. Maka untuk lapisan pelindung bibir tetap terjaga, minumlah dari sedotan jika memungkinkan, saran Nazarian.

Itulah ketujuh cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah yang bisa dilakukan sepanjang waktu atau setiap musim. Namun apabila bibir kering dan pecah-pecah tidak membaik selama dua hingga tiga minggu, segeralah berkonsultasi pada dokter kulit bersertifikat.