5 Jenis Kemasan untuk Bisnis Makanan, Sesuaikan dengan Karakteristik Produk
Jenis kemasan untuk bisnis makanan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kemasan merupakan elemen penting dalam penjualan makanan atau produk kuliner. Selain berfungsi untuk menjaga kualitas produk, kemasan juga membuat penampilan product menjadi eye catching atau menarik di mata konsumen. Ada beberapa jenis kemasan untuk bisnis makanan yang bisa dipilih oleh para pengusaha. 

Pebisnis dapat menjual makanan dengan kemasan yang menarik dan unik sebagai branding sekaligus menambah value produk. Namun pemilihan kemasan tidak boleh sembarangan karena harus memperhatikan sejumlah aspek, seperti fungsi dan kesehatan bagi produknya. Lantas apa saja jenis-jenis kemasan untuk bisnis makanan beserta kualitasnya masing-masing?

Jenis-Jenis Kemasan untuk Bisnis Makanan

Kemasan untuk produk makanan tidak hanya dibutuhkan untuk bisnis yang bersifat delivery atau take away saja. Restoran atau kafe pun juga perlu menyediakan kemasan untuk memenuhi permintaan pelanggan yang kerap membawa pulang pesanannya. Pembeli akan merasa puas ketika mendapat kemasan yang baik, dari segi bahan, desain, hingga ukurannya. 

Kemasan atau packaging makan juga dibedakan berdasarkan jenis makanan yang dijual. Berikut ini beberapa jenis kemasan untuk bisnis makanan yang bisa menjadi pilihan para pengusaha:

Paper Box

Paper box merupakan jenis kemasan makanan yang terbuat dari kertas. Kemasan ini bersifat praktis dan ringan sehingga penggunaannya sangatlah mudah. Kemasan ini cocok dipakai untuk mewadahi makanan berminyak karena dilaminasi dengan penahan minyak. Selain itu, packaging ini juga tebal, sehingga sanggup menahan air untuk makanan berkuah. 

Bowl

Bowl atau mangkuk kertas menjadi salah satu jenis kemasan yang banyak dipilih oleh para pebisnis kuliner. Kemasan ini memiliki bentuk seperti mangkuk yang praktis, aman, dan gampang digunakan. Oleh karena itu, kemasan ini dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan. 

Bahkan kemasan bowl ini juga sering dipakai oleh ibu rumah tangga untuk mewadahi nasi lauk pauk kering dan basah. Kelebihan dari kemasan ini adalah harganya yang terjangkau sehingga banyak diminati. Selain itu, kemasan ini juga bersifat ramah lingkungan karena berbahan kertas yang mudah terurai. 

Rice Box

Selain bowl, kemasan lain yang banyak digunakan untuk mewadahi produk kuliner adalah rice box. Kemasan ini memiliki fungsi yang lebih optimal dibandingkan bowl karena didesain dengan tutup yang menyatu. Kemasan ini lebih higienis dan dapat menjaga makanan tetap dalam kondisi bersih, meminimalisir paparan kuman, bakteri, atau serangga.

Namun packaging jenis rice box hanya dapat dipakai untuk makanan yang bersifat kering, seperti nasi dan lauk pauk kering. Sebab kemasan jenis ini sulit menahan cairan ketrika dalam suhu panas. 

Snack Box

Snack box merupakan jenis kemasan yang sudah sangat populer sebagai wadah untuk aneka cemilan. Jika Anda menjual jajanan ringan atau kecil-kecilan makan snack box adalah packaging yang tepat untuk dipilih. 

Kemasan ini terbuat dari bahan sejenis kertas dan digunakan untuk mewadahi makanan-makanan kering. Kemasan ini juga banyak dipilih karena dijual dengan harga yang terhitung murah. 

Lunch Box Bento

Lunch box bento merupakan jenis kemasan yang sangat direkomendasikan untuk pengusaha katering. Kemasan ini didesain dengan bentuk satu wadah makanan yang terdiri dari berbagai ukuran. 

Kemasan lunch box bento menghadirkan wadah dengan sekat-sekat untuk memisahkan beberapa makanan dalam satu porsi. Misalnya memisahkan nasi, lauk, sayur, buah, hingga sambal. Dengan adanya banyak komponen ruang atau wadah, kemasan jenis ini cukup praktis dan efektif. 

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis kemasan untuk bisnis makanan yang bisa dipilih oleh pengusaha kuliner. Selain menjawab kebutuhan para penjual makanan, kemasan juga membantu keperluan rumah tangga menyiapkan bekal untuk ke kantor maupun sekolah anak. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.