Mengenal Aliran Seni Rupa: Ciri Karya dan Tokoh Senimannya
Aliran seni rupa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang memiliki banyak peminat. Seni rupa tidak hanya berbentuk lukisan, namun semua karya seni yang dibuat dalam media yang bisa ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan rabaan. Terdapat beberapa aliran seni rupa yang penting untuk diketahui. 

Seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan, dari segi fungsinya. Seni rupa murni melibatkan proses penciptaan karya seni yang menitikberatkan pada ekspresi jiwa semata, seperti lukisan. Sementara seni rupa terapan adalah proses penciptaan karya yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu, seperti seni kriya. 

Seni rupa sudah ada sejak zaman dahulu dan mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Lantas apa saja aliran-aliran seni rupa yang perlu dipahami oleh pecinta seni jenis ini?

Aliran-Aliran Seni Rupa

Ada beberapa jenis aliran seni rupa yang sudah digunakan oleh para seniman sejak zaman dulu sampai sekarang. Berikut ini beberapa aliran seni rupa yang menarik untuk Anda tahu:

Aliran Ekspresionisme

Aliran ekspresionisme adalah bentuk seni rupa yang proses pembuatannya mencurahkan ekspresi yang dirasakan oleh seniman. Seniman membuat karya dengan ekspresi baik dari imajinasi, batin, atau perasaan. 

Ciri-ciri aliran ekspresionisme adalah penggambaran objek yang menekankan pada ekspresi, misalnya kesedihan, ketakutan, keceriaan, kekerasan, dan sebagainya. Seniman yang berkarya dengan aliran ekspresionisme, yaitu Vincent Van Gogh, Paul Gaugiuin, Popo Iskandar, dan lainnya. 

Aliran Impresionisme

Aliran impresionisme adalah jenis karya seni yang menunjukkan kesan pada objek yang digambar. Ciri-ciri dari aliran seni ini adalah penggambaran objek yang cenderung kabur dan tidak sangat detail. Tokoh atau seniman yang menganut aliran impresionisme yaitu Claude Monet, Affandi, Casmile Pissaro, Kusnaidi, Aguste Renoir, dan lainnya. 

Aliran Realisme

Airan realisme adalah karya seni yang menggambarkan objek dengan kesan yang nyata berdasarkan pandangan seniman. Ciri-ciri aliran seni ini adalah penggambaran objek yang sangat detail dan menggunakan objek dalam kehidupan nyata, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan sebagainya. Seniman yang termasuk aliran realisme, yaitu Basuki Abdullah, Charles Prancois, Honore Daumier, dan sebagainya. 

Aliran Naturalisme

Aliran naturalisme adalah karya seni yang penggambarannya dominan memasukkan unsur-unsur natural. Ciri-ciri dari aliran seni ini adalah pembuatan karya dengan bentuk menyerupai alam natural. Tokoh seniman yang menganut aliran naturalisme, yaitu Basuki Abdullah, William Bliss Baker, Abdullah Sudrio Subroto, Tehodore Rousseau, dan lainnya. 

Aliran Romantisme

Aliran romantisme adalah karya seni yang mengangkat nilai-nilai estetik, fantastis, irasional, tapi juga absurd. Ciri-ciri dari aliran seni ini adalah penggambaran objek dengan latar belakang nuansa romantis atau bahkan dramatis. Seniman yang termasuk aliran romantisme, yaitu Ferdinand Victor, Raden Saleh, Eugen Delacroix, dan lainnya. 

Aliran Kubisme

Aliran kubisme adalah karya seni dengan bentuk atau gambar objek yang memotong, overlap, distorsi, deformasi, menyusun, hingga transparansi. Ciri-ciri aliran seni ini yakni penggambaran objek yang diubah dalam kombinasi bidang-bidang seperti segitiga, lingkaran, persegi, dan lainnya. Tokoh seniman aliran kubisme, di antaranya Pablo Picasso, Juan Gris, Srihadi Sudarsono, Albert Glaze, dan lainnya.  

Aliran Dadaisme

Aliran dadaisme adalah karya seni yang objeknya digambarkan jauh dari sentuhan rasa kasih sayang. Ciri-ciri dari aliran seni ini yakni penggambaran objek yang cenderung mengarah pada kesan kekerasan, kritikan, kasar, dan lainnya. Seniman yang menganut aliran dadaisme, di antaranya Juan Gross, Hans Arp, Max Ernst, Hendra Gunawan, dan lainnya. 

Aliran Surealisme

Aliran surealisme adalah karya seni yang menggambarkan objek seperti alam bawah sadar, imajinasi, atau mimpi. Ciri-ciri dari aliran seni ini adalah gambar atau bentuk objek yang terlihat tidak nyata atau di luar kebiasaan umumnya karena terinspirasi dari imajinasi. Tokoh seniman yang termasuk aliran surealisme, yaitu Andre Masson, Salvador Dali, Gusti Putu Saderi, dan lainnya. 

Demikianlah ulasan beberapa aliran seni rupa yang menarik untuk dipahami, khususnya bagi Anda pecinta seni rupa. Setiap seniman biasanya menempuh jalan karya dengan memilih aliran masing-masing. Baca juga jenis industri kreatif yang ada di Indonesia

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.