Messi Punya Peluang Salip Dua Rekor Maradona di Piala Dunia 2022 Qatar
Lionel Messi (Twitter @Seleccion)

Bagikan:

JAKARTA — Lionel Messi berpeluang menyalip dua rekor Diego Maradona di Piala Dunia 2022 Qatar yang mulai berlangsung 20 November ini sampai 18 Desember nanti.

Dua rekor Maradona yang berpeluang diambil alih oleh La Pulga itu adalah penampilan dan assist terbanyak untuk timnas Argentina di helatan Piala Dunia.

Untuk saat ini Maradona masih memegang rekor penampilan terbanyak di Piala Dunia bersama Albicelestes. Pemain yang mencetak gol “Tangan Tuhan” total mencatat 21 penampilan.

Sementara itu, Messi saat ini sudah mengoleksi 19 penampilan. Oleh karena itu, mantan pemain Barcelona itu hanya butuh tiga penampilan lagi di babak penyisihan grup untuk melampaui catatan tersebut.

Adapun untuk catatan assist, Maradona tercatat mengoleksi delapan atas namanya. Jumlah itu termasuk lima assist yang dia buat ketika membawa Argentina meraih gelar kedua pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Untuk bisa melewati rekor itu maka Messi butuh membuat empar asssit lagi di Qatar nanti. Tidak mengherankan jika Messi sanggup memecahkan rekor karena dirinya dalam performa bagus bersama Paris Saint-Germain selama kampanye awal musim ini.

Meski ada kemungkinan melewati Maradona, Messi dianggap agak kesulitan untuk menyalip catatan gol terbanyak Piala Dunia yang dipegang oleh Gabriel Batistuta dengan 10 gol. Saat ini Messi tercatat punya enam gol, sedangkan Maradona delapan.

Rekor ini mungkin yang paling sulit untuk diklaim oleh Messi. Namun, jika Argentina bisa melangkah jauh di ajang empat tahunan ini maka tetap ada kemungkinan bagi La Pulga untuk melewati catatan legenda di negaranya.

Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi kesempatan terakhir Messi untuk mengangkat trofi yang paling diinginkan banyak pemain itu. Ia sebelumnya punya kans menjuarai ajang ini 2014 lalu di Brasil, tetapi kalah dari Jerman di final.

Saat ini tempat Messi dalam sejarah sepak bola sudah terjamin. Namun, beberapa orang Argentina masih merasa dia perlu memenangkan Piala Dunia untuk menjadi ikon yang selevel dengan Maradona.

Di Qatar nanti Argentina mengisi Grup C bersama Saudi Arabia, Meksiko, dan Polandia. Messi dan kawan-kawan akan membuka kampanye babak penyisihan grup melawan Saudi Arabia pada 22 November, menyusul menghadapi Meksiko di 26 November, dan Polandia pada 30 November.

Terkait