Rental Mobil Buat Mudik, Perhatikan Hal Penting Berikut Ini!
Ilustrasi. (Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pulang ke kampung halaman atau mudik tidak hanya disambut meriah oleh para pemudik, namun juga oleh para pengusaha rental mobil. Setiap mendekati hari Lebaran, usaha rental mobil setidaknya ikut merasakan kegembiraan karena banyak pemudik yang menyewa mobil untuk berkunjung ke rumah di kampung halaman.

Saat Anda mencari rental mobil yang tersedia, Anda akan menemukan banyak tipe mobil yang disewakan dan harga yang dipatok juga bervariasi. Agar perjalanan mudik Anda bisa nyaman, pilihlah tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, sebaiknya sewa mobil di tempat yang terpercaya, seperti menggunakan layanan rental mobil dari Traveloka.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan jika akan pulang ke kampung halaman dengan menyewa mobil.

1. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Hal yang pertama adalah memilih tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tempat sewa mobil memang menyediakan banyak jenis mobil, mulai dari mobil city car, LMPV, hingga SUV. Nah, setiap tipe mobil memiliki ukuran dan juga spesifikasi yang berbeda-beda.

Jika jumlah penumpang tidak lebih dari 3 orang dan tidak membawa banyak barang, tidak ada salahnya untuk menyewa mobil city car atau hatchback, karena harganya yang cukup terjangkau serta ukurannya yang ringkas dapat Anda setir dengan mudah. Namun, jika Anda membawa lebih dari 3 penumpang dan ada banyak barang bawaan, Anda bisa menyewa mobil LMPV seperti Toyota Avanza atau menyewa mobil SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport jika akan melewati medan yang kurang baik.

Nah, jika Anda akan menggunakan baris ketiga dari mobil, pertimbangkan kembali untuk mengisi baris ketiga secara penuh. Baris ketiga mobil tidak seluas baris kedua, sehingga penumpang dewasa dengan postur tubuh sedang hingga tingi akan merasa tidak nyaman untuk duduk berlama-lama di kursi baris ketiga. Sebaliknya, kursi baris ketiga bisa Anda manfaatkan untuk menaruh barang atau ditempati oleh anak kecil.

2. Cari Penyedia Rental Terpercaya

Hal kedua adalah mencari penyedia rental mobil yang terpercaya. Anda bisa mencari ulasan atau review mengenai sewa rental di tempat yang akan Anda kunjungi.

Perhatikan syarat serta hak Anda saat akan menyewa mobil. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan sewa mobil terpercaya adalah dengan mengandalkan rental mobil di Traveloka.

Ada banyak penyedia jasa rental mobil terpercaya yang bekerja sama dengan Traveloka. Prosesnya pun mudah, Anda tinggal pilih mobil yang diinginkan, pilih jenis transmisi, pilih penyedia rental. Saat memilih penyedia rental, ada baiknya memperhatikan syarat rental mobil yang diajukan, karena setiap penyedia rental memiliki syarat dan kebijakan yang berbeda-beda. 

3. Perhatikan Syarat Sewa

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, perhatikan syarat yang diberikan oleh pihak penyewa mobil sebelum membayar biaya sewa. Biasanya, Anda akan diminta untuk membagikan foto identitas diri Anda, mulai dari foto KTP, foto SIM, hingga foto KK. Lalu, Anda juga akan diminta untuk memasukkan deposit, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Tidak hanya itu, beberapa pihak rental juga ada yang meminta akun media sosial Anda sebagai syarat sewa mobil.

4. Pesan dari Jauh Hari

Rental mobil merupakan salah satu jenis usaha yang cukup jarang sepi konsumen, terutama jika memasuki pekan long weekend atau memasuki hari raya, seperti hari Lebaran. Jika Anda berniat untuk mudik, sangat disarankan untuk menghubungi penyedia sewa mobil jauh-jauh mobil.

Jika Anda baru ingin menyewa mobil secara mendadak atau dalam waktu yang dekat dengan hari Lebaran, besar kemungkinan stok mobil sudah ludes disewa oleh para pemudk. Jika Anda tidak jadi datang di tanggal yang sudah dijanjikan, Anda bisa melakukan reschedule atau membatalkan booking Anda.

5. Foto Mobil Sebelum dan Setelah Digunakan

Sebelum Anda atau anggota keluarga Anda masuk ke dalam mobil, ambil foto eksterior mobil dari segala sisi, baik dari sisi depan, samping kanan dan kiri, dan sisi belakang. Tanyakan juga kepada petugas rental mobil mengenai baret atau penyok yang memang sudah ada bahkan sebelum Anda gunakan. Dengan foto tersebut, Anda memiliki bukti yang kuat.

Lakukan hal yang sama jika mobil rental sudah selesai digunakan. Foto kembali seluruh bagian mobil. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda terhindar dari kecurangan atau hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Jika Anda tiba-tiba diminta tanggung jawab, Anda memiliki bukti kuat berupa foto mobil sebelum dan sesudah Anda gunakan.

6. Periksa Kondisi Mobil

Hal penting berikutnya adalah memperhatikan kondisi mobil. Sebaiknya, perhatikan kondisi mobil sejak mobil diantar ke lokasi Anda. Tanyakan juga petugas rental mobil mengenai kondisi mobil yang akan Anda gunakan.

Perhatikan kondisi ban mobil, cairan mobil mulai dari cooling, aki, hingga cairan wiper. Jika perlu, tanyakan kepada penyedia rental mobil mengenai kondisi oli mobil yang akan Anda gunakan. Selain itu, cek juga kondisi fisik mobil sebelum Anda gunakan.

Itu dia hal hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan rental mobil. Sewa mobil jadi lebih mudah dan simple menggunakan Traveloka. Ada banyak pilihan mobil yang nyaman dan bersih di Traveloka. Download aplikasi Traveloka sekarang untuk perjalanan yang lebih mudah! (adb)