Mau Tetap Terlihat Awet Muda? Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami
Ilustrasi kulit sehat (Foto: istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Proses penuaan adalah proses alami yang pasti dialami setiap orang. Namun, tidak ada salahnya jika kita berusaha membuat kulit tetap sehat, awet muda, dan cantik. Kulit yang sehat adalah salah satu parameter hidup yang berkualitas.

Cara yang paling banyak dilakukan yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Sebagian lagi konsisten menggunakan skincare.

Nah, berikut ini adalah tips-tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas dan kesehatan kulit tanpa penggunaan skincare.

1. Tidur

Tidur tentu memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan kulit. Anda akan merasakan dampak pada fisik saat mengalami kesulitan tidur, dan permasalahan ini akan menjadikan kulit Anda tampak pucat dan kurang segar. Tidur yang kurang dapat menghambat kolagen sehingga memberi dampak terhadap tekstur kulit. Tidur yang cukup dan teratur dapat memperlambat penuaan dan menjaga keseimbangan serta kesehatan kulit

2. Hindari Kekurangan Air

Kulit terdiri dari 64 persen cairan. Kurang minum air tentu memberi berdampak bagi kesehatan kulit. Selain itu, air juga berperan untuk membuang racun dan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kerutan atau tanda-tanda penuaan dapat dicegah. Peningkatan tingkat hidrasi di kulit akan membuat lebih banyak ruang bagi kolagen dan elastin untuk berkembang. Dalam sehari, usahakan agar kebutuhan minum kita tercukupi sesuai dengan kebutuhan air dalam tubuh, sebab setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda.

3.Olahraga

Olahraga memiliki peran sangat penting untuk menunjang kondisi kesehatan tubuh. Olahraga juga memberikan efek positif pada kesehatan kulit dan membantu kulit tetap awet muda.

Manfaat olahraga bagi kesehatan kulit juga sangat berguna untuk meningkatkan fungsi sel mitokondria yang bertugas untuk memperbaiki kerusakan kulit. Sebab itulah, aktivitas fisik dapat membantu proses penghambatan penuaan, karena dapat membantu meremajakan tubuh menjadi lebih efisien.

4. Nutrisi

Aspek kesehatan juga dipengaruhi oleh pola makan. Nutrisi yang kita dapatkan dari buah dan sayuran secara khusus benar-benar dapat meningkatkan kualitas kulit.

Asupan makanan dapat memperbaiki penampilan kulit, seperti kilau dan elastisitasnya. Jadi, sebisa mungkin hindari mengonsumsi gorengan dan lemak karena dapat meningkatkan produksi sebum di kulit.

5. Suplemen

Beberapa orang mungkin mengonsumsi suplemen untuk menjaga elastisitas kulit. Suplemen merupakan jenis protein terbesar yang membentuk tubuh.

Sekitar 30 juta orang dewasa Inggris mengonsumsi beberapa bentuk suplemen setiap minggu. Namun, memilih suplemen yang tepat cukup penting, sebab akan membantu memperbaiki kondisi internal tubuh dan mampu membantu menyelesaikan permasalahan kesehatan kulit.

Demikianlah tips-tips untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan memperhatikan kebutuhan bagi kulit tubuh, tentu akan memberi dampak yang cukup baik, salah satunya adalah mencegah penuaan kulit secara dini.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!