7 Hal Penting Cara Menjadi Sekretaris yang Baik dan Andal
Ilustrasi sekretaris (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar, salah satu profesi yang sangat penting dalam menunjang kinerja pemimpin—yang juga berkaitan dengan kinerja perusahaan—adalah sekretaris. Akan tetapi, banyakkah yang tahu cara menjadi sekretaris yang baik?

Terkadang, sekretaris tak hanya mengerjakan persoalan administrasi, tetapi juga menjadi pembantu atau pendamping seorang pemimpin perusahaan. Berbagai pengetahuan dan kemampuan perlu dikuasai agar bisa menjadi seorang sekretaris yang baik. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalani profesi ini, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa cara menjadi sektretaris yang baik dan andal

1. Berkepribadian baik

Sekretaris mesti memiliki kepribadian yang baik. Maksudnya, seorang sekretaris mesti disiplin, ramah, dan bertanggung jawab. Jauhkan kepribadian buruk, seperti pemarah, pendemdan, pencibir, pengadu domba, dan semacamnya.

2. Beretika baik

Berkaitan dengan sebelumnya, sekretaris mesti memiliki sikap atau etika yang baik. Ini berkaitan dengan sikap terhadap orang lain, baik kepada rekan, atasan, maupun mitra kerja. Yang terakhir perlu digarisbawahi—mitra kerja—sebab sikap sekretaris tak jarang menjadi cerminan perusahaan.

3. Kemampuan berbahasa asing

Salah satu hal yang penting untuk dikuasai oleh sekretaris adalah bahasa asing, setidaknya bahasa Inggris. Ini berkaitan dengan kerja seorang sekretaris yang besar kemungkinan berhubungan dengan banyak mitra kerja, termasuk orang asing.

4. Memahami pembukuan

Sekretaris tentu perlu memahami pembukuan dan/atau akuntansi karena berkaitan dengan data-data dan berkas-berkas. Apalagi, data dan berkas yang ditangani adalah data dan berkas penting perusahaan tersebut. Terkait dengan hal tersebut, sekretaris perlu cermat dan teliti.

5. Berpenampilan menarik

Jangan persepsikan ini sebagai wajah yang sangat cantik dan tubuh yang seksi. Penampilan menarik bisa didapat dengan selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian. Cantik bukan utama, tapi tak jarang ini dipertimbangkan. Ini bisa dimaksimalkan dengan make up yang wajar.

6. Cekatan dan disiplin

Disiplin ditekankan karena ini berkaitan dengan kesibukan sang pemimpin, jadi sekretaris juga harus siap siaga. Selain itu, sikap cekatan menjadi penting agar pekerjaan situasi yang tidak menentu tak menjadikan jadwal dan pekerjaan berantakan.

7. Melek teknologi

Di era yang serbateknologi ini, sekretaris mau tidak mau harus mengikutinya. Bukan untuk bergaya, melainkan demi efektivitas dan efisiensi. Teknologi akan menjadi kawan yang tepat untuk suksesnya pekerjaan.

Selain info mengenai cara menjadi sektretaris yang baik, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!