Ancaman UEFA bagi Klub yang Terlibat European Super League
Logo UEFA (uefa.com)

Bagikan:

JAKARTA -  UEFA, badan sepak bola Eropa, berikan ancaman berupa larangan kompetisi kepada tim-tim yang diduga berpartisipasi dalam European Super League atau Liga Super Eropa. European Super League merupakan kompetisi yang direncanakan menjadi pengganti Liga Champions.

Dalam pernyataannya yang dibuat bersama federasi sepak bola Spanyol, Inggris, dan Italia, UEFA mengungkapkan akan mempertimbangkan semua tindakan, termasuk jalur hukum hingga larangan berkompetisi, baik di liga domestik maupun internasional.

“Jika ini terjadi, kami ingin menegaskan kembali bahwa kami...(dan) FIFA dan semua asosiasi anggota kami akan tetap bersatu menyetop proyek ini, sebuah proyek yang dibentuk atas dasar kepentingan pribadi dari beberapa klub di saat kita semua memerlukan solidaritas,” terang UEFA.

Para raksasa Eropa terlibat European Super League

Januari lalu, FIFA telah mengungkapkan bahwa liga yang memisahkan diri dan bergabung dalam kompetisi sepak bola baru tidak akan diakui. Tim dan pemain yang terlibat dalam kompetisi tersebut juga tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi apa pun yang diselenggarakan oleh FIFA atau konfederasi sepak bola.

Sementara, UEFA juga memberikan ancaman berupa larangan bagi pemain yang terlibat dalam European Super League untuk tampil mewakili tim nasionalnya masing-masing.

“Kami ingin berterima kasih kepada klub-klub di negara lain, terutama Prancis dan Jerman, yang menolak kompetisi tersebut,” tulis UEFA.

“Kami mengajak para pecinta sepak bola, penggemar, dan politisi untuk bergabung bersama kami menentang proyek ini. Kepentingan pribadi beberapa orang ini telah berlangsung terlalu lama. Ini harus segera dihentikan."

Setidaknya, sebanyak 12 klub dilaporkan telah sepakat bergabung dalam European Super League, dan mereka adalah tim-tim yang dikenal sebagai raksasa Eropa. Dari Inggris ada Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Dari Spanyol, tim yang dilaporkan menandatangani rencana pembentukan kompetisi tersebut adalah Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Sementara, dari Italia ada Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Selain berita mengenai European Super League, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!