Atta Halilintar Terinfeksi Virus Corona 2 Kali, Begini Cara Mencegah Reinfeksi COVID-19
Atta Halilintar terinfeksi COVID-19. (Instagram/@attahalilintar).

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa hari lalu, YouTube Atta Halilintar mengumumkan kepada publik bahwa dirinya terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 untuk yang kedua kalinya.

Suami Aurel Hermansyah itu pun meminta semua orang yang pernah kontak dengannya untuk segera melakukan tes COVID-19.

“Ya Allah Shock! Aku positif COVID-19 lagi untuk kedua kalinya…Setelah swab tes untuk besok kerja terbang ke Solo…Ternyata hasilnya positif,” tulis Atta di Instagram pribadinya, dikutip VOI, Minggu, 25 April 2021.

Perlu diketahuim Atta sudah pernah menderita penyakit COVID-19 sebelum menikah dengan Aurel. Mereka yang pernah terinfeksi corona diyakini bisa mengembangkan antibodi untuk melawan virus corona secara alami.

Hanya saja, terdapat sejumlah kasus di mana penyintas COVID-19 bisa kembali positif alias mengalami reinfeksi.

Lantas, gimana cara mencegah reinfeksi COVID-19

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Center for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat sampai saat ini masih aktif mempelajari lebih lanjut soal kasus reinfeksi COVID-19.

 Mengutip laman resmi CDC, cara terbaik untuk mencegah reinfeksi COVID-19 adalah:

- Memakai masker saat keluar rumah atau berada di tempat umum

- Menjaga jarak minimal 2 meter dari orang lain

- Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir

- Hindari tempat ramai dan jangan bekerumun

Yang perlu Anda catat, penyintas COVID-19 tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan kendati memiliki antibodi corona alami. Pasalnya, bukti klinis saat ini menunjukkan bahwa antibodi alami yang terbentuk setelah terinfeksi COVID-19 hanya bertahan setidaknya selama 6-8 bulan.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mencegah reinfeksi COVID-19 agar tidak tertular virus corona untuk yang kedua kalinya.