Bibir Pecah-pecah Saat Puasa Cukup Menggangu, Begini Cara Mencegahnya
Ilustrasi memakai lip balm (Freepick)

Bagikan:

Puasa merupakan aktivitas yang baik bagi kesehatan . Namun terkadang ada beberapa gangguan pada tubuh yang muncul ketika sedang menjalaninya. Gangguan yang paling sering muncul adalah masalah bibir kering, hingga menyebabkan pecah-pecah.

Banyak orang yang mengeluhkan masalah ini. Selain terasa kurang nyaman, bibir kering juga dapat mengganggu penampilan. Masalah ini wajar terjadi karena saat berpuasa selama 13 jam tubuh kita mengalami dehidrasi.

Untuk mengatasi hal ini dan tidak mungkin membasuh bibir dengan udara. Namun tenang, anda bisa mengatasi masalah bibir pecah-pecah dengan cara berikut ini.

Perbanyak Makan Buah yang Mengandung Udara

Konsumsi buah yang memiliki kandungan udara banyak dapat mencegah bibir pecah-pecah pada saat puasa . Kandungan air dalam buah tersebut akan tersimpan di tubuh dan menyebabkan kelembaban di bibir lebih awat.

Oleh karena itu, Anda melayani untuk mengonsumsi buah jenis tersebu pada saat berbuka atau sahur. Buah yang memiliki banyak kandungan udara, di antaranya jeruk, semangka, pir, melon, dan lain-lain.

Koktail Minum Kafein Saat Buka atau Sahur

Kopi biasanya menjadi salah satu sajian favorit ketika malam atau pagi. Namun minum kopi saat sahur atau buka justru tidak tepat. Jika buah melembabkan, kopi malah menyebabkan bibir atau mulut kering.

Maka dari itu, hindari konsumsi kopi berlebihan saat ramadan. Anda bisa menggantinya dengan teh atau jus buah.

Jangan Menjilati Bibir

Ketika bibir kering, pasti yang pertama muncul di pikiran adalah bagaimana cara membasahi atau melembabkannya kembali. Namun jangan sekali-kali mencoba membasahi bibir menggunakan lidah.

Menjilat lidah justru malah malah malah memperburuk keadaan. Air liur dari lidah bukannya memmbuat bibir lembab, justru justru semakin kering.

Menggunakan Lip Balm

Cara andalan yang biasanya dipakai orang untuk mengatasi bibir kering adalah menggunakan lip balm. Lip balm merupakan alat kosmetik yang memiliki bentuk seperti lipstik, namun tidak menorehkan warna.

Lip balm bisa menambah kelembapan pada bibir. Banyak orang yang memakai alat ini. Ukurannya yang kecil juga membuat mudah dibawa ke mana-mana.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .