Tips Memilih Menu Sahur yang Sehat Agar Tak Lemas Saat Berpuasa
Ilustrasi menu sahur. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Mengonsumsi makanan yang bernutrisi saat sahur adalah salah satu cara untuk menjaga puasa Ramadan supaya tetap lancar.

Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan selama beberapa jam dan akan mengakibatkan daya tahan tubuh melemah.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi saat sahur, agar tubuh tetap fit dan optimal dalam menjalankan ibadah puasa.

Lantas, bagaimana cara memilih menu sahur yang tepat? Berikut kami bagikan tips-tipsnya.

Tips memilih menu sahur yang sehat

Agar tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat, dokter spesialis gizi klinik, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.G.  menyarankan untuk menyantap menu sahur yang kaya akan protein dan serat, serta mengandung lemak baik, seperti alpukat, dan upayakan tanpa pengolahan makanan dengan cara digoreng.

“Kurangi juga makanan yang tinggi garam karena dapat membuat lebih haus ketika berpuasa. Tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi menu sahur, 30-40 persen dari kebutuhan energi harian sudah cukup,” kata dokter Tirta, dikutip VOI dari Antara, Sabtu, 17 April 2021.

Guna menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, pastikan menjaga asupan protein yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sumber protein dapat berasal dari hewani ataupun nabati.

Untuk mendapat manfaat maksimal dari protein, maka pengolahannya harus diperhatikan. Makanan yang diproses seperti kornet atau sosis sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari, sumber alami tetap jauh lebih baik.

Pilihlah protein hewani dengan kandungan lemak sedikit atau sedang untuk menjaga asupan lemak jenuh dan kolesterol tetap dalam batasan aman. Selain itu, pilihlah metode pengolahan yang simpel dan tidak menggunakan banyak minyak, butter, atau santan.

Semakin alami pengolahan suatu makanan (real food), semakin banyak nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Hati-hati dengan penggunaan garam, produk protein hewani mengandung cukup banyak natrium, zat yang perlu dibatasi asupannya, terutama pada penderita hipertensi.

Ikan, selain mengandung protein dengan asam amino yang lengkap, juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi tubuh. Pilihlah ikan laut untuk mendapatkan manfaat optimal ini.

Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dan ganda juga penting untuk tubuh. Lemak tak jenuh banyak terdapat dalam alpukat, minyak zaitun extra virgin, lemak ikan, ataupun kacang-kacangan.