Takbir Keliling Dilarang, Polri Siapkan Pengamanan
Kapolri dalam rakor menjelang Idulfitri 1442 H (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Polri menginstruksikan seluruh jajaran di daerah untuk menyiapkan pengamanan sebagai antisipasi adanya takbir keliling pada malam Idulfitri 1442 Hijriah/2021.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Rusdi Hartono, sejak awal telah diberikan imbauan kepada masyarakat agat tidak melakukan takbir keliling.

"Dari sekarang diimbau, dan nanti pada pelaksanaannya aparat akan turun ke jalan untuk bisa mengamankan," ungkap Rusdi, Kamis, 22 April.

Sosialisasi larangan mudik 2021 dan takbir keliling

Ia menjelaskan bahwa jajaran Polri di wilayah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah selama Ramadan 1442 Hijriah hingga Idulfitri nanti. Sosialisasi digelar dalam Operasi Keselamatan yang berlangsung sejak 12 hingga 25 April 2021.

"Sekarang kan sosialisasi, sosialisasi kepada masyarakat agar tidak dilakukan takbir keliling ini terus dilaksanakan," jelasnya.

Dalam Operasi Keselamatan tersebut, Polri juga menyosialisasikan larangan mudik yang dilakukan oleh pemerintah melalui Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021.

Terkait pengamanan selama Ramadan dan menjelang Idulfitri, Rusdi melanjutkan, telah dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) lintas sektor yang berlangsung di Gedung Rupattama, Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 21 April.

Rakor lintas sektor yang digelar secara daring tersebut diikuti oleh Kapolri, Listyo Sigit Prabowo; Panglima TNI, Hadi Tjahjanto; Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin; Menteri Perhubungan; perwakilan Menteri PUPR; Menteri Perdagangan; dan Menteri Agama.

Rusdi mengatakan, arahan mengenai kebijakan larangan mudik dan larangan takbir keliling sudah didengar oleh seluruh polda dan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) yang mengikuti rakor virtual.

"Seluruh kapolda ikut rakor secara daring, termasuk forkopimda, ada gubernur, ada pangdam, lengkap, seluruh Indonesia hadir secara virtual untuk mendengar kebijakan-kebijakan apa yang harus dilakukan dan tentunya kebijakan yang sama antarinstansi terkait," jelasnya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!