Menteri Parekraf Sandiaga Uno: Kita Harus berkolaborasi dengan Berbagai Stakeholder
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno dalam jumpa pers "Blibli Travel & UMKM Fest 2021" pada Kamis (22/4/2021) (Foto- ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia mendukung penuh kolaborasi pemerintah dengan berbagai stakeholder untuk menyelenggarakan festival pariwisata.

Adapun festival dilakukan secara daring mengingat kini masih pandemi COVID-19 dan bertujuan guna membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno Jelaskan 3 Strategi Utama Bangkitkan Industri

Menteri Parekraf, Sandiaga Uno menjelaskan saat ini pihaknya memiki tiga strategi utama guna membangkitkan industri yang sempat terpuruk yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Strategi inovasi dan adaptasi sudah dilakukan saat awal pandemi COVID-19 dengan cara mentransformasikan perdagangan yang awalnya konvensional atau tatap muka menjadi daring.

"Kita juga harus berkolaborasi dengan berbagai stakeholder guna membangun sistem yang terintegrasi mulai dari promosi, pemasaran, penjualan hingga pembayaran untuk lebih baik lagi," jelas Sandiaga dalam jumpa pers "Blibli Travel & UMKM Fest 2021", Kamis 22 April.

Perlu diketahui, selama pandemi COVID-19 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak paling besar. Akan tetapi, para pelaku usaha tidak boleh menyerah dan harus mencari cara untuk tetap menghidupkan industrinya.

Perlu diketahui kolaborasi dilakukan dengan market place untuk menjual produk UMKM dan paket pariwisata. Namun pelaku usaha harus menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) secara ketat.

"Ini memudahkan para traveler untuk membeli produk dan paket wisata yang diinginkan tentunya yang telah menerapkan protokol kesehatan CHSE secara ketat. Selain itu acara ini juga memfasilitasi para pecinta produk UMKM untuk mendapatkan produk secara online melalui market place atau e-commerce," beber Sandiaga.

Kemudian Sandiaga mengajak masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan program Bangga Berwisata atau dengan tagar #DiIndonesiaAja dan #BanggaBuatanIndonesia.

"Semoga program ini memberikan dampak positif dan meningkatkan kembali perekonomian daerah dan jangan lupa protokol kesehatan yang disiplin dan ketat agar meningkatkan kembali ekonomi kreatif di Indonesia," imbuh Sandiaga.

Selain pemaparan Menteri Parekraf Sandiaga Uno, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!