"Hai, Mom" Ingin Melatih Anak Berpuasa, Berikut Caranya
Ilustrasi orang tua dan anak (Ebrahim/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Puasa merupakan ibadah yang hukumnya wajib bagi umat Islam pada saat bulan Ramadhan . Hanya orang-orang tertentu saja yang mendapat izin boleh tidak berpuasa. Golongan orang yang boleh tidak berpuasa di antara orang yang sakit, orang lanjut, orang yang sedang menempuh perjalanan jauh, wanita hamil serta menyusi dan haid.

Lalu bagaimana hukum puasa bagi anak kecil. Melansir dari situs NU Online, para ulama sepak sepakat bahwa puasa tidak wajib dijalankan bagi anak kecil yang belum mampu berpuasa. Untuk anak yang sudah beranjak usia tujuh tahun dihimbau untuk mulai belajar berpuasa, meski tidak langsung sehari penuh.

Ngomong-ngomong, bagaimana masa kecilmu dulu ketika melakukan puasa? Pada umumnya anak kecil dilatih untuk berpuasa secara bertahap. Rentang waktu puasanya tak terkalahkan dengan kemampuan si anak. Biasanya di mulai dari menahan makan dan minum selama berapa jam. Kemudian puasa setengah hari. Puasa seperempat hari, dan sebagainya.

Melatih anak kecil berpuasa memang susah-susah gampang. Berikut tips buat orang tua yang ingin mengajar anak-anak berpuasa.

Lakukan Secara Bertahap

Tidak mungkin meminta anak kecil berpuasa secara sehari penuh. Oleh karena itu, latihlah mereka untuk berpuasa secara bertahap. Anda bisa meminta mereka berpuasa dari subuh hingga jam 10 pagi. Lalu berlanjut dari jalm 10 hingga jam 12.

Jangan lupa selalu amati daya tahan puasa anak. Jika anak anda mulai bisa melewati puasa tahap pertama, coba ulangi ke tambah berikutnya dengan memberi waktu berpuasa lebih lama lagi.

Siapkan Makanan Berbuka yang Menggugah Selera

Hal yang paling dinantikan pada saat berpuasa adalah ketika tiba waktu berbuka. Agar anak merasa senang melakukan puasa, menu sajikan berbuka yang melayani anak anda. Pilih menu yang enak dan menjadi kesukaan anak, tentu saja menyesuaikan dengan kantong yang kita.

Pemberian hidangan berbuka juga menjadi bentuk penghargaan kepada anak-anak. Dengan begitu anak anda akan senang. Jika anak sudah senang, mereka akan semangat menjalani puasa.

Beri Apresiasi Atas Usaha Mereka

Jika anak rewel atau tidak kuat saat menahan lapar dan haus, itu adalah hal yang wajar. Jangan mengejek atau memarahi mereka. Yang mereka lihat justru dukungan atau dukungan dari anda. Apresiasi setiap usaha yang dilakukan anak anda dalam berpuasa. Dukungan dari Anda akan membuat mereka semakin bersemangat, sehingga bisa melewati puasa lebih baik lagi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .