Penduduk India Panik, Gempa 6,0 Guncang Negara Bagian Assam
Warga Majuli, sebuah kepulauan besar di Sungai Brahmaputra, di Timur Laut Negara Bagian Assam, India, ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi/wsj.

Bagikan:

JAKARTA - Rabu, 28 April, gempa bermagnitudo 6,0 menggemparkan penduduk India, Negara Bagian Assam. Guncangan gempa menyebabkan sejumlah bangunan rusak. Para korban sedang dalam pemeriksaan otoritas setempat.

Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) menyebutkan bahwa kekuata gempa bermagnitudo 6,2. Berdasarkan laporan Geologi Amerika Serikat menunjukkan bahwa pusat gempa berada di dekat Kota Dhekiajuli, 140 km utara kota utama Assam, Guwahati. Untuk kedalaman di angka 34 km.

"Gempa dahsyat mengguncang Assam. Saya doakan semuanya baik-baik saja dan kedekatan semua orang agar tetap waspada. Mendapat kabar terbaru dari seluruh distrik," ujar Sarbananda Sonowal selaku Menteri Utama Assam.

Penduduk India Berjaga-jaga Antisipasi Gempa Susulan

Warga menyampaikan terdapat retakan dinding di sejumlah bangunan dan lantai. Orang-orang yang berdiri di luar jalanan, khawatir dengan gempa susulan. "Tidak pernah melihat guncangan hebat seperti itu hidup saya," kata mahasiswa bernama Jyotishman Deka.

Gempa susulan berulangkali dirasakan di sejumlah wilayah timur laut India dan wilayah tetangga Bhutan, sehingga membuat orang berlarian keluar dari rumah mereka, menurut Reuters.

Badan Penanggulangan Bendana India Sedang Memeriksa Dampak Gempa

Badan Penanggulangan Bencana India sedang memeriksa laporan tentang kerusakan dan korban pasca gempa, kata salah satu pejabat badan tersebut yang meminta identitasnya dirahasiakan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI