Penting! Perhatikan Hal-hal Berikut untuk Melihat Indikator Urine Sehat
Ilustrasi urine (foto: istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Air kencing atau urine bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tubuh kita. Dari setitik darah yang hadir di urine, aroma, bahkan sekadar warna urine dapat menjelaskan kondisi kesehatan tubuh kita. 

Setiap harinya, ginjal menyaring sejumlah 200 liter darah. Sistem penyaringan ginjal yang kompleks menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh sebelum membuangnya menjadi urine.

Oleh sebab itu, kondisi urine dapat menjadi indikator bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan urine seseorang tidak sehat.

Urine tidak jernih

Karakteristik urine yang tidak normal pada umumnya dapat dilihat dari warnanya. Urine atau air seni yang normal biasanya berwarna mulai dari kuning pucat hingga kuning tua.

Sementara itu, urine menjadi tidak normal jika berwarna lain, contohnya merah, jingga, biru, hijau, atau cokelat.

Warna urine yang tidak normal disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu, makan makanan tertentu, memiliki kondisi medis tertentu, atau bisa juga karena dehidrasi.

Urine berbau menyengat

Urine umumnya tidak memiliki aroma yang tajam. Jika urine Anda berbau menyengat, hal tersebut menunjukkan karakteristik urine yang tidak normal. Aroma yang tidak sedap bisa menandakan tubuh Anda terkena infeksi bakteri. Penyebab bau menyengat pada air seni diakibatkan infeksi yang berlangsung di sepanjang saluran kandung kemih.

Para penderita diabetes juga bisa memiliki bau urine yang tidak biasa. Aroma urine pada penderita diabetes biasanya berbau manis atau wangi seperti gula.

Selain itu, urine yang berbau seperti amonia bisa menandakan Anda mengalami dehidrasi. Bila Anda mengalami kondisi ini, umumnya kondisi urine bisa berbau menyengat dan berwarna lebih pekat.

Adanya darah pada urine

Urine yang tidak normal bisa dilihat dari adanya darah pada urine. Kondisi dapat berbahaya dan merupakan tanda kondisi kesehatan yang serius. Penyebabnya, yaitu adanya cedera, penyumbatan, infeksi, penyakit ginjal, pembesaran prostat, atau kanker.

Bagi Anda yang mengalami tanda urine tidak normal ini, segera periksakan kondisi Anda untuk penanganan yang sesuai.

Ada busa pada urine

Urine yang tidak normal dapat terlihat dari adanya busa atau buih pada urine. Protein dalam urine dapat menjadi suatu penanda utama adanya kerusakan ginjal, terutama pada orang yang menderita diabetes. Protein ini dapat menghasilkan busa berlebih pada air seni. Urine yang berbusa tidak selalu menandakan adanya masalah kesehatan yang serius. Ada beberapa hal yang bisa mencetuskan kondisi ini, seperti BAK dengan kecepatan tinggi dan dehidrasi.

Frekuensi buang air kecil yang tidak wajar

Selain melihat kondisi urine yang tidak normal, frekuensi Anda BAK juga dapat menandakan masalah kesehatan tertentu. Jika Anda BAK cukup sering dalam jumlah yang banyak, bisa jadi Anda menderita diabetes.

Jika darah Anda mengandung banyak ‘gula’ dan tubuh tidak dapat memprosesnya secara efektif, maka ginjal Anda akan bekerja ekstra keras untuk mengeluarkannya. Kondisi ini juga akan menyebabkan urine tidak normal, misalnya adanya bau manis.

Tidak ada salahnya untuk memeriksakan secara rutin kandungan gula darah Anda. Selain itu, terapkan pola hidup aktif dan sehat guna menekan potensi ancaman diabetes yang ada.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait