Merasa Lapar Setelah Sahur? Normalkah? Begini Penjelasannya
Ilustrasi Perut Lapar (Foto: Antara)

Bagikan:

Jakarta – Rasa lapar memang tak bisa dikendalikan dengan mudah. Bahkan, bagi orang yang menjalankan puasa Ramadan, tak jarang orang merasa lapar setelah sahur. Di balik fenomena itu ada penjelasan medisnya.

Dokter spesialis gizi klinik lulusan Universitas Hasanuddin, Makassar, Tirta Prawita Sari menjelaskan bahwa kondisi tubuh seseorang saat puasa kadang jadi alasan rasa lapar datang meski jeda 2-4 jam setelah sahur.

BACA JUGA:


Rasa Lapar Setelah Sahur Muncul karena Lambung Kosong

Menurut Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi itu, rasa lapar tersebut muncul karena makanan dalam tubuh mulai habis dan insulin yang ada di tubuh juga mulai turun. Setelah itu hormon kemudian akan mengirim sinyal ke otak bahwa lambung kosong dan meminta untuk mengisinya.

Setelah empat jam, tubuh akan mengeluarkan cadangan berupa glikogen yang biasanya ada dalam tubuh, tergantung jenis dan kuantitas makanan yang dikonsumsi.

"Saat sahur, 2-4 jam kemudian merasa lapar. Ini penanda makanan habis, insulin turun lagi. Ada hormon yang memberitahu otak bahwa lambung sudah kosong dan menuntut untuk diisi. Setelah 4 jam responnya, mengeluarkan cadangan yakni glikogen. Cadangan ini biasanya habis dalam 12 jam, setelah itu glukagon berkerja mencari dan memecahkan cadangan energi dari sumber lainnya dan paling banyak sekali dalam tubuh adalah lemak," jelas Tirta dalam sebuah diskusi yang belum lama ini digelar dilansir dari Antara, ditulis Jumat.

Selain terkait penjelasan medis mengapa seseorang merasa lapar setelah sahur, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.

Terkait