Kemenhub Laksanakan Program Padat Karya di Pelabuhan Pangandaran
Pekerja melakukan pengecatan dalam rangka Program Padat Karya yang digelar Kementerian Perhubungan (Foto dari Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ingin mendorong SDM dan perekonomian masyarakat di wilayah Pelabuhan Pangandaran, Jawa Barat . Untuk merealisasikan misi tersebut, pihaknya melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyelenggarakan program padat karya.

"Melalui kegiatan padat karya ini, diharapkan juga dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran, mewujudkan peningkatan akses masyarakat lapis bawah kepada pelayanan dasar, serta mewujudkan lapangan kerja, sehingga manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan secara langsung bagi masyarakat terutama warga sekitar Pelabuhan Pengandaran dan sekitarnya," tutur Nana Rodiana, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Pangandaran, melalui pernyataan pers di Jakarta, Senin, 26 April.

Lebih lanjut, Nana menyampaikan harapannya dengan program padat yang semoga bisa membuka kesempatan kerja lebih lebar lagi dan mempertahankan daya beli masyarakat menengah ke bawah di masa pandemi Covid-19 .

Program Padat Karya Melibatkan 60 Warga Pangandaran

Nana mengatakan dalam pelaksanaan padat karya ini melibatkan 60 orang masyarakat di sekitar Pelabuhan Pangandaran dengan pekerjaan pengecatan Pelabuhan Pangandaran sepanjang 1 kilometer.

"Covid-19 telah banyak menyebabkan dampak yang merugikan khususnya pada sektor perekonomian. Di sisi lain, kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri pun juga meningkat," katanya.

Sebagai informasi, program kegiatan padat karya di lingkungan Kementerian Perhubungan termasuk Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu.

Kegiatan Padat Karya Terlaksana Berkat Kolaborasi dari Banyak Pihak

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan, serta Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang diinstruksikan kepada Unit Penyelenggara Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar melaksanakan kegiatan padat karya pada unit kerja masing-masing.

Pada kesempatan itu, Nana selamat menjalankan ibadah puasa bagi saudara muslim yang menjalankan. "Walaupun pelaksanaan padat karya ini dilakukan pada bulan Ramadhan, saya berharap peserta tetap semangat dan semoga puasanya diberikan kelancaran," katanya.

Nana juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .